PENTING !!! Hanya Terjadi Pada Tanggal 9 Juni 2017! Fenomena Mini Moon yang Langka Ada di Langit Indonesia..!!!


InfovideoFB - Indonesia merupakan salah satu negara yang sering mendapat kesempatan untuk menyaksikan fenomena angkasa yang langka. Beberapa di antaranya adalah gerhana matahari total yang terjadi hanya setiap 33 tahun sekali, supermoon terbesar yang terjadi setiap 70 tahun sekali, dan tahun ini di Indonesia kamu juga berkesempatan menyaksikan fenomena langka mini moon.


Pada tanggal 9 Juni 2017 nanti akan terjadi fenomena langka yang dapat kamu saksikan di langit Indonesia. Fenomena bulan purnama kerdil atau yang biasa disebut dengan mini moon ini bisa dilihat pada besok malam sekitar pukul 20.10 WIB. Fenomena ini bisa kamu lihat dengan mata telanjang di langit jika cuaca sedang cerah.


Mini moon atau bulan purnama kecil adalah fenomena alam yang terjadi saat bulan berada pada jarak terjauh dari bumi. Orbit bulan yang berbentuk oval atau elips membuat bulan bisa berada pada jarak yang paling dekat dengan bumi yang akan memunculkan fenomena supermoon atau berada paling jauh dari bumi dan memunculkan fenomena mini moon.


Dilansir dari situs astronomi Earthsky, posisi bulan saat terjadi mini moon adalah 406.401 kilometer. Jarak ini lebih jauh 50.000 kilometer dibandingkan jarak bulan dan bumi saat fenomena supermoon bulan lalu.

Selain itu pada saat terjadi fenomena mini moon, bulan akan terlihat lebih kecil 7% dibandingkan dengan ukuran saat bulan purnama biasa. Cahaya yang dipancarkan oleh bulan saat fenomena ini juga akan lebih redup karena jarak bulan yang cukup jauh dari bumi. Mungkin akan sulit menyadarinya namun besok pancaran cahaya bulan akan 15% lebih redup dari biasanya.


Bersamaan dengan fenomena langka ini, planet lain seperti Saturnus dan Jupiter akan terlihat juga di langit Indonesia. Sayangnya, untuk melihat planet Saturnus kamu harus menggunakan teleskop karena cahaya kurang terang untuk dilihat dengan mata biasa. Namun jangan khawatir, kamu tetap akan bisa melihat planet Jupiter dengan mata telanjang bersamaan dengan fenomena mini moon ini.