Inilah Kolam Renang yang Pertama Ada di Indonesia, Letaknya Ternyata Ada di Kota Ini...


InfovideoFB - Kolam renang ini merupakan kolam renang pertama yang ada di negara kita tercinta, Indonesia. Kolam renang pertama di Indonesia ini terdapat di Bandung, tepatnya di Cihampelas Kota Bandung. Kolam renang Tjihampelas awalnya merupakan sebuah kolam ikan milik nyonya Homann, istri dari pemilik hotel Savoy Homann, tuan Homann.


Tjihampelas dibangun pada 1902 untuk melayani tamu-tamu hotel, dan termasuk lengkap pada masanya dengan 3 buah kolam yang berstandar internasional.


Pemandian Tjihampelas sangat terkait dengan perkembangan Jalan Cihampelas. Jalan Cihampelas sendiri mendapatkan namanya dari pohon-pohon Hampelas (sejenis pohon berdaun kasar, basa dgunakan untuk menggosok badan) yang terdapat di sekitar pemandian ini yang kemudian dipakai menjadi nama jalan. Selain terkait dengan nama kawasan, Pemandian Cihampelas juga ikut berpengaruh terhadap sejarah terbentuknya Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Di masa jayanya, Tjihampelas sempat menjadi tempat berlatih perkumpulan renang Bandung (Bandoengse Zwem Bond).

Di masa kemerdekaan, dari Tjihampelas lahir banyak atlet renang lokal yang mengharumkan nama Jawa Barat baik dalam skala lokal maupun internasional. Tjihampelas sempat terbengkalai dan sebelum akhirnya dibongkar dan di tempatnya sekarang kini berdiri hunian apartemen.